Home » 2014 » December » 24 » Cara Tepat dan Sehat Rawat Gigi dan Mulut
7:27 AM
Cara Tepat dan Sehat Rawat Gigi dan Mulut

Cara tepat  dan sehat rawat gigi dan mulut – Kondisi kesehatan mulut sangat penting karena mulut terkadang menjadi salah satu indikator kesehatan anda. Mulut menjadi organ masuknya makanan yang juga  mempengaruhi kesehatan kita.

Selain terhadap kesehatan, mulut dan gigi juga berperan dalam penampilan dan membentuk pandangan orang. Mulut yang sehat, bersih dan wangi akan membuat anda lebih menarik dan tampil percaya diri. Sedangkan mulut yang kotor dan bau dapat menjadikan anda tampil kurang baik di hadapan orang lain.

Berikut ini berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut.

  1. Lebih baik menggunakan Dental Floss, dari padaTusuk Gigi

Terkadang seusai makan kita terpaksa harus mengeluarkan sisa makanan yang berada di celah gigi. Kondisi ini jika dibiarkan dapat merusak dan menjadikan gigi berlubang. Sebelum menggunakan tusuk gigi, lebih baik anda berfikir ulang. Penggunaan tusuk gigi mengakibatkan kemungkinan pergeseran gigi dan luka pada gusi, sehingga gusi berdarah dan infeksi. Lebih baik anda menggunakandental floss (benan gigi) yagn meminimalkan gesekan dan timbulnya luka.

  1. Sikatlah gigi dengan baik dan benar
    1. Jangan terlalu keras saat menekan gigi. Karena gusi mudah berdarah, dan terkena infeksi. Kerusakan gusi dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi.
    2. Sikatlah dengan arah sikatan benar. Arah sikatan yang benar adalah vertikal satu arah dari pangkal ke ujung gigi. Hal ini agar sisa makanan dapat tersapu dan gigi tidak terkikis. Pada bagian geraham lakukan dengan arah kanan-kiri seperti gerakan melingkat.
    3. Sikatlah selama 2-3 menit. Terlalu cepat menjadikan gigi kurang bersih, terlalu lama menjadikan gigi terkikis dan iritasi pada gusi.
    4.  Pilihlah sikat gigi berbulu lembut dan bulu halus. Sikat keras dan kaku akan merusak email gigi.
    5. Cari sikat gigi dengan ukuran keci. Kepala sikat kecil dapat menjangkau bagian dalam gigi.
  2. Pilih Waktu yang Tepat untuk menyikat gigi

Sikatlah gigi setelah makan dan sebelum tidur. Karena saat tidur tidak ada produksi ludah sehingga sisa makanan menjadikan kuman dan bakteri aktif. Sisa makanan yang mengandung asam dan gula dapat merusak enamel dan menjadikan gigi berlubang.

  1. Seusai sikat gigi, berkumur dengan Mouthwash

Lebih baik menggunakan mountwash yang mengandung antiseptik saat setelah menyikat gigi anda. Hal ini agar melindungi gigi dari plak dan mengobati luka kecil pada gusi.

  1. Lidah dikerok secara berkala

Lakukan kerok lidah secara berkala agar kotoran yang tertumpuk di lidah dapat hilang. Gunakan sikat gigi atau alat khusus untuk mengerok lidah.

  1. Kunyahlah Permen Karet

Mengunyah permen karet dapat bermanfaat menjadikan self cleansing pada gigi. Permen karet ternyata dapat merangsang peningkatan produksi saliva pada mulut.

  1. Jangan konsumsi Gula dan Asam  berlebihan

Makanan dan minuman dengan asam dan gula yang berlebih sangat disukai bakteri. Bakteri akan membangun plak yang mengubah gula menjadi asam. Asam akan mengikis enamel gigi dan menjadikan gigi berlubang.

  1. Batasi mengkonsumsi Wine, Kopi dan Teh

Kandungan dalam teh dan kopi akan mengubah warna luar gigi. Minuman berwarna lain juga dapat mengakibatkan noda pada gigi.

  1. Tidak Merokok

Asap dan panas rokok dapat mengurangi produksi ludah dan mengakibatkan bau mulut.

 

Category: kesehatan | Views: 117 | Added by: chika1 | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar