Home » 2014 » December » 24 » Solusi Sehat Makan Di Saat Sibuk
7:25 AM
Solusi Sehat Makan Di Saat Sibuk

Solusi sehat makan di saat sibuk – Kesibukan terkadang membuat kita terlena dengan semuanya. Bahkan untuk kebutuhan pokok pribadi bisa terlupakan. Salah satunya adalah makan. Makan menjadi hal pokok yang harus dilakukan setiap harinya. Namun karena kesibukan tertentu menjadikan diri kita terkadang lupa atau bahkan harus melakukanya di tempat kerja.

Namun jangan sampai kesibukan tersebut membuat kebutuhan nutrisi dalam tubuh anda tidak bisa terpenuhi. Kesibukan bukan alasan kita untuk terhindar dari hidup sehat. Berikut ini berbagai cara solusi sehat makan pada saat anda sedang dalam kesibukan.

  1. Tetap lakukan sarapan pagi

Melakukan sarapan pagi adalah hal yang sangat penting. Produktifitas akan menguras energi anda pada pagi dan siang hari. Sehingga untuk menjaga konsentrasi dan stamina, kita harus tetap sarapan pagi. Perlu anda ketahui saatbangun tidur, metabolisme otak meningkat dan dibutuhkan glukosa sebagai tenaga. Glukosa pada pagi hari akan menurun. Sehingga sarapan sangat diperlukan untuk menutup glukosa tersebut.

  1. Tetap lakukan makan siang

Makan siang juga sangat penting. Saat makan siang, saat itulah anda beristirahat. Lakukan makan siang di tempat lain, bukan di meja kerja agar pikiran anda segar dan mengembalikan mood anda. Selain itu juga anda harus memperhatikan nutrisi makan siang anda. Menu makan siang sebaiknya adalah 50% sayur dan buah, 25% protein serta  25% karbohidrat.

  1. Cemilan Sehat

Lakukan cemilan sehat walaupun sedang dalam sibuk. Mungkin di sela meeting kerja atau saat anda rehat sejenak. Gunakan porsi dan kalori cemilan dengan baik. Hindarimakanan yang di goreng dan mengandung lemak berlebih.

Disarankan anda melakukan cemilan berupa makanan yang direbus. Seperti ubi, pisang biskuit gandu, yogurt atau dark chocolate.

  1. Sruput teh dan kopi

Kebiasaan menyruput kopi dan teh dapat mengembalikan semangat anda. Lakukan ini di sela kesibukan anda. Asal tidak berlebihan.

Takaran teh atau kopi yang diperbolehkan ialah 1 sendok teh atau kopi. Jumlah gula yang digunakan setengah sendok dan tidak melebihi 2 cangkir dalam sehari. Untuk meningkatkan kalori lebih baik tambahkan creamer.

  1. Makan malam agar tetap sehat

Pada malam hari terkadang energi sangat terkuras, termasuk saat anda sedang bekerja lembur. Makan malam berkarbohidrat usahakan dikurangi. Perbanyak makan snack sehat atau buah-buahan. Menu makanan malam baiknya berupa sayuran, protein atau buah-buahan.

Di sela kesibukan anda, makanan menjadi perhatian penting terutama untuk menjaga stamina dan kesehatan agar tetap fokus saat bekerja. Gunakna porsi dan komposisi yang tepat untuk mencukupi energi di tengah aktifitas dan kesibukan setiap hari. Agar terhindar dari berbagai penyakit dan menjaga berat bada dan penampilan fisik.

 

Views: 119 | Added by: chika1 | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar