Home » 2014 » December » 19 » Tips Sehat Merawat Rambut Berjilbab
5:25 AM
Tips Sehat Merawat Rambut Berjilbab

Tips sehat merawat rambut berjilbab - Anda wanita berhijab yang masih mengalami kerusakan rambut?. Diantaranya rambut rontok, ketombe, kering, kusam dan bau?. Sebagian dari anda mungkin mengabaikannya, karena anda berfikir mahkota anda adalah hijab. Tapi akan lebih indah jika tampil cantik dengan berhijab dan tetap menjaga kesehatan rambut. Temukan solusinya disini, berikut adalah tips praktis menjaga kesehatan rambut dengan perawatan sederhana.

 

  1. Bahan jilbab

Pemilihan jenis bahan hijab yang anda gunakan merupakan hal yang paling mendasar untuk mengatasi rambut anda yang bermasalah. Hijab adalah mahkota pengganti rambut bagi anda yag menggunakannya. Jenis bahan hijab yang disarankan adalah jenis bahan katun atau kaos. Hal ini karena jenis bahan ini terdapat pori-pori kain yang cukup banyak sehingga bisa melancarkan sirkulasi udara. Selain jenis bahan, model hijab yang praktis sangat disarankan. Penggunaan model hijab yang tumpuk (berlapis) membuat kulit kepala berkeringat (tidak ada sirkulasi), hal ini akan memicu tumbuhnya ketombe pada rambut anda. Anda juga harus memperhatikan bahan ciput yang digunakan, usahakan pakai bahan yang lembut, menyerap keringat dan jangan terlalu ketat.

 

  1. Kebersihan hijab

Kebersihan hijab juga sangat berpengaruh terhadapan kesehatan rambut anda. Hijab setiap hari bersentuhan langsung dengan rambut dan kulit kepala anda. Selain bahan hijab yang tepat, kebersihan juga harus diperhatikan. Usahakan ganti hijab setiap hari, jika anda memiliki jenis rambut berminyak maka ganti hijab jika sudah tidak nyaman (terkena keringat da miyak rambut). Hal ini dilakuka guna menjaga kondisi rambut agar tetap sehat dan bersih, serta untuk mengurangi resiko rambut rontok.

 

  1. Kondisi rambut

Sebelum anda menggunakan hijab, pastikan bahwa rambut anda dalam keadaan benar-benar kering. Kerusakan rambut yang diakibatkan oleh rambut basah atau lembab adalah ketombe dan bau rambut tak sedap.

 

  1. Kebersihan rambut dan perawatan rambut

Walaupun rambut anda selalu tertutup dengan hijab, bukan berarti anda megabaikan kebersihannya. Jaga kebersihan rambut dan kulit kepala dengan cara keramas teratur minimal dua-tiga kali dalam seminggu. Gunakan kondisioner setelah keramas dan tambahkan vitamin setelah rambut setengah kering. Gunakan masker setiap seminggu sekali.

 

  1. Kerapian rambut

Rambut anda harus selalu rapi, sisir rambut sebelum dan sesudah mengenakan hijab. Salah satu penyebab kerontokan rambut adalah rambut yang jarang disisir. Gunakan sisir dengan bahan plastik yang bergigi jarang untuk mengurangi kerontokan. Selain itu teknik menyisir rambut juga harus diperhatikan, hindari menyisir rambut dari garis belahan rambut karena awal kerontokan bisa bermula dari garis belahan rambut. Perhatikan juga cara mengikat rambut. Jika anda memiliki rambut panjang, maka gelung atau ikat dalam kondisi renggang dan pilihlah ikat rambut dari bahan yang lembut. Jangan gunakan  jepitan berbahan besi atau karet gelang karena bisa menyebabkan kerontokan rambut akibat pergesekan dengan bahan tersebut. Jangan ikat rambut terlalu kencang, dalam ikatan rambut yang terlalu kencang dan tertutup selama seharian pasti akan menimbulkan ketombe dan pada akhirnya akan menyebabkan rambut menjadi rontok.

 

  1. Istirahatkan rambut

Ketika anda beristirahat, sebaiknya anda lepaskan hijab dan ikatan pada rambut. Biarkan rambut terurai, hal ini dilakukan agar memberi kesegaran dan mengurangi kelembaban pada kulit kepala, mengurangi resiko munculnya ketombe dan kerontokkan rambut.

 

 

Views: 104 | Added by: chika1 | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar