Home » 2014 » December » 19 » Manfaat Minuman Jahe yang Perlu Anda Tahu
5:14 AM
Manfaat Minuman Jahe yang Perlu Anda Tahu

Manfaat minuman jahe yang perlu anda tahu – Jahe merupakan salah satu jenis rempah yan g paling banyak diminati pada saat musim hujan tiba. Rempah ini dikenal memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh. Selain digunakan sebagai penghilang bau amis makanan, jahe juga sering digunakan sebagai minuman atau campuran makanan seperti kue. Karena memiliki aroma yang khas, jahe cocok dijadikan sebagai minuman hangat di musim hujan.

Berikut berbagai khasiat dan manfaat jahe yang perlu anda ketahui bagi kesehatan.

  1. Penghangat Badan

Minuman atau Wedang jahe dipercaya mampu membuat badan Anda lebih hangat. Hal ini, sangat baik jahe ketika diseduh dan diminum di musim hujan. Untuk membuat wedang jahe, Anda cukup mengupas bersih rimpang jahe kemudian mencucinya. Rebus dengan air hingga mendidih, atau langsung seduh menggunakan air panas. Tambahkan gula atau madu untuk menambah rasa manis pada wedang jahe Anda.

  1. Kesehatan Tulang

Jahe terkenal untuk memperbaiki dan meningkatkan kesehatan tulang. Penelitian di University of Miami, memberikan jawaban bahwa beberapa ratus pasien yang menderita osteoarthritis, setelah diberi suplemen minuman jahe secara rutin selama 65 pekan, bisa mengalami peningkatan kesehatan tulang dan penurunan dari rasa nyeri di tulang.

  1. Menyembuhkan Diare

Mengkonsumsi minuman jahe secara teratur dapat menyembuhkan diare. Hal ini dikarenakan, nutrisi pada jahe dapat mengurangi kadar gas dalam perut serta mencegah kejang perut.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Jahe ternyata bisa menjadi fasilitator proses pencernaan. Rempah ini, dipercaya mampu mengatur kadar gula tinggi yang bisa mengganggu pencernaan Anda. Jahe juga dipercaya memiliki senyawa yang bisa meningkatkan penyerapan nutrisi dan mineral dari makanan yang telah kita makan.

  1. Mencegah Kanker

Penyakit kanker ternyata dapat diobati dengan mengkonsumsi jahe secraa teratur. Tumbuhan yang tumbuh subur di daerah wilayah Asia ini, mampu mengurangi resiko tumor dan pertumbuhan sel kanker ovarium di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Stamina

Jahe mampu menambah gairah dan stamina tubuh. Tidak hanya itu, rempah ini dipercaya mampu meningkatkan sirkulasi darah dengan baik. Untuk Anda yang sering loyo dan kurang stamina di musim hujan, cobalah untuk minum jahe secara rutin demi mengembalikan stamina tersebut.

  1. Mencegah Kram Saat Menstruasi

Jahe dapat mengurangi rasa nyeri saat kram menstruasi. Minumlah jahe hangat di pagi hari atau malam hari saat menstruasi. Para peneliti percaya bahwa, prostaglandin penyebab kram dan nyeri saat menstruasi dapat berkurang ketika Anda mengkonsumsi jahe.

  1. Mengobati Flu

Jahe berkhasiat untuk mengobati flu, terutama saat memasuki musim hujan. Minumlah seduhan jahe hangat, yang dicampur madu atau gula jawa. Minum ramuan ini minimal dua kali dalam sehari, pagi dan malam. Minumlah secara teraturdan dapatkan tubuh sehat, karena terbebas dari flu maupun batuk.

Views: 344 | Added by: chika1 | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar