Home » 2014 » December » 20 » Solusi Hadapi Berat Badan Saat Hobi Ngemil
4:05 AM
Solusi Hadapi Berat Badan Saat Hobi Ngemil

Solusi hadapi berat badan saat hobi ngemil - Mayoritas orang yang bertubuh gemuk menjadikan camilan sebagai musuh terbesar. Mereka beranggapan bahwa camilan akan menggagalkan usaha dietnya. Opini itu kurang tetap, ada juga camilan yang mengandung lemak rendah dan protein tinggi sehingga tidak menimbulkan penambahan berat badan. Berikut adalah beberapa camilan sehat dan cocok untuk anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan (diet). Selamat mencoba.

 

  1. Agar-agar

Camilan ini sangat praktis, selain bahan-bahan yang sederhana, agar-agar juga mudah untuk dibuat. Kalori yang terkandung cukup rendah yaitu 10 kalori. Selain kalorinya yang rendah, camilan ini juga bermanfaatan untuk anda yang sedang proses diet karena agar-agar dapat menahan rasa lapar yang cukup lama.

 

  1. Biji-bijian

Popcorn adalah salah satu cemilan yang terbuat dari biji-bijian (jagung). Kandungan yang terdapat dalam camilan ini yaitu karbohidrat kompleks yang berfungsi untuk menahan lapar pada malam hari. Walaupun rendah lemak tetapi saat mengkonsumsi jangan campurkan camilan ini dengan gula, mentega dan susu ataupun manisan-manisan sejenisnya. Variasi rasa pada popcorn dapat ditaburi sambal bubuk atau garam saja.

 

  1. Kacang-kacangan

Kacang rebus sangat tepat sebagai alternatif camilan pada malam hari sehingga dapat menahan lapar hingga esok hari. Kacang-kacangan mengandung antioksidan dan serat, berfungsi membantu mengatur gula darah dan meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh. Beberapa jenis kacang yang baik dikonsumsi antara lain kacang pecan, kacang mete, kacang brazil, kacang pistachio, walnut, kacang tanah, kacang kedelai dan lain lain.

 

  1. Kalkun

Olahan jenis unggas ini sangat disarankan untuk anda yang baru memulai proses diet. Kebiasaan makan di malam hari sangat susah dihilangkan, butuh proses untuk anda dapat terbiasa mengurangi makan di malam hari. Daging kalkun mengandung kalori yang rendah tetapi mengandung banyak protein yang sehat dan menghasilkan tenaga bagi otot-otot badan. Sandwich kalkun dengan keju yang rendah lemak merupakan camilan sehat di malam hari. Camilan ini tidak membuat berat badan anda bertambah. Bahkan sebaliknya, kandungannya akan berubah menjadi tenaga dan baik dikonsumsi pada malam hari.

 

  1. Sayuran

Camilan ini sudah banyak yang tahu tetapi cara pengolahan dan jenisnya juga harus diperhatikan. Olahan yangt baik untuk jenis camilan ini adalah dengan cara direbus. Jenis-jenis yang disarankan antara lain wortel, bayam, atau tomat. Kandungan dalam 1 biji wortel adalah vit A, dengan setengah cangkir brokoli yang sudah dihaluskan sama dengan asupan protein dalam 1 hari (vitamin C 41 mg). Masih banyak kandungan sayuran yang cocok untuk dijadikan cemilan pada siang ataupun malam hari. Tips sehat, bisa rebus berberapa sayuran dalam air mendidih selama 10 menit agar kandungan gizi dan proteinnya dalam sayur tersebut masih utuh, dan jangan rebus hingga layu.

 

  1. Coklat Hitam/ Dark Chocolate

Jenis camilan ini sangat disukai, terutama wanita. Banyaknya jenis coklat dengan berbagai olahan terkadang mengabaikan kandungan dan dampak yang akan ditimbulkan. Jenis coklat yang disarankan adalah coklat hitam. Selain rasanya yang enak, ternyata coklat hitam atau kadang disebut dark chocolate juga banyak manfaatnya. Coklat hitam mampu meningkatkan aliran darah sehingga mengurangi pembekuan darah pada otak ataupun jantung. Coklat hitam juga mengandung plavonoid yang dapat mengatur gula darah. Tetapi kandungan lemak coklat hitam tentu lebih sedikit dibanding dengan coklat biasa yang memiliki kandungan gula berlebih terlihat dari rasa coklat hitam yang sedikit pahit.

 

  1. Yogurt dan keju

Kedua makanan ini juga merupakan pilihan yang baik untuk sumber kalsium karena keduanya merupakan hasil olahan dari susu. Yogurt atau Frozen yogurt dapat dikonsumsi dengan dengan menambahkan berbagai buah-buahan atau topping lainnya seperti sereal, biskuit yang memiliki kandungan mineral seperti fosfor dan magnesium, karena dua mineral tersebut dapat membantu penyerapan kalsium lebih baik. Kandungan dalam jenis camilan ini adalah protein, kalsium, kalium dan juga probiotik. Zat probiotik ini yang terkandung didalamnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan baik untuk sistem pencernaan.

 

  1. Buah Pisang

Buah ini ternyata juga bisa jadi cemilan yang yang baik. Rasanya yang manis, harganya murah, dan tidak musiman. Kandungan dalam buah pisang yaitu vitamin B6 dan vitamin C. Buah pisang kaya akan serat yang bagus untuk pencernaan. Satu buah pisang mengandung kurang lebih 460 miligram kalium, baik untuk menjaga kesehatan  jantung.

 

  1. Omelet

Camilan sehat yang terakhir ini cocok untuk menu sarapan pagi anda. Omelet telur dengan beberapa potong kentang rebus mengandung karbohidrat dan protein yang mengenyangkan dan kaya energi namun rendah kalori.

 

Category: kesehatan | Views: 108 | Added by: chika1 | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar